RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Purwakarta
Kelas / Semester :
X IPA / 1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran : Biologi
Topik :
Dunia Tumbuhan
Pertemuan Ke- :
1 (pertama)
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, respotensi dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalilis, pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak teknik dengan
pengembangan dari yang dipelajari nya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar :
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem dan lingkungan hidup.
3.7 Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam
kelangsungan kehidupan di bumi.
4.7 Menyajikan
data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam
bentuk laporan tertulis.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendeskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
- Menjelaskan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pterydophta), dan tumbuhan biji (Spermatophyta)
- .. Menyebutkan contoh-contoh divisio dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji.
- . Mengklasifikasi penggolongan dunia tumbuhan 5. Mengamati siklus hidup plantae berdasarkan gambar
6. Menyebutkan peranan tumbuhan bagi kehidupan dari segi ekonomi, sosial, masyarakat, dan lingkungan sekitar
I. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Setelah siswa mendapatkan
penjelasan dari guru mengenai ciri umum dunia tumbuhan siswa dapat
mendeskripsikan ciri-ciri umum plantae
2.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai ciri-ciri umum tumbuhan lumut,
tumbuhan paku, dan tumbuhan biji siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum
tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji
3.
Setelah guru
menampilkan gambar siklus hidup plantae siswa dapat mengamati siklus hidup
plantae berdasarkan gambar
4.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai peranan tumbuhan bagi kehidupan siswa
dapat menyebutkan peranan tumbuhan bagi kehidupan
Ø Karakter
siswa yang di harapkan :
·
Berfikir kreatif, Jujur
·
Kritis dan logis
·
Bekerjasama
·
Bertanggung jawab
·
Peduli lingkungan
II. Materi ajar :
·
Ciri-ciri
umum plantae
·
Tumbuhan
lumut
·
Tumbuhan
paku
·
Tumbuhan
biji (Spermatophyta)
·
Manfaat
dan peran tumbuhan dalam ekosistem, manfaat ekonomi, dan dampak turunnya
keanekaragaman tumbuhan bagi ekosistem
III. Metode pembelajaran :
·
Model : Snowball Throwing
·
Metode
: Ceramah, Diskusi, Pengamatan, Demonstrasi
·
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Appoach
IV. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
Pertemuan 1
A. Pendahuluan (10
menit)
·
Salam ,Doa , Sebagai
implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi, Motivasi, Penyajian prasarat
·
Guru
menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi.
B. Kegiatan Inti
(30 menit)
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar hutan hujan tropis dengan
berbagai jenis tumbuhan
Menanya
·
Terdapat berbagai jenis tumbuhan.Bagaimana mengenali
nama dan
mengelompokannya?
·
Apa ciri-ciri masing-masing kelompok?
·
Apa manfaat keberadaan tumbuhan di muka bumi?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Menggunakan contoh tumbuhan yang di bawa siswa (lumut,paku,
tumbuhan biji) membandingkan ciri-ciri plantae
·
Mengidentifikasi alat reproduksi lumut dan paku dan
lingkungan sekitar
·
Mengamati alat reproduksi tumbuhan biji
(angiospermae dan gymnospermae) melaui objek nyata atau gambar
·
Membuat gambar metagenesis pada lumut,paku-pakuan
dan gymnospermae dan angiospermae, membandingkan gambar atau charta.
·
Mengumpulkan informasi peran plantae pada berbagai
bidang(industri,kesehatan,pangan dan lain-lain) (PR)
Mengasosiasi
·
Mengaitkan
konsep berbagai keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokkan berdasarkan
cirri morfologi dan metagenesis tumbuhan.
Mengkomunikasikan
·
Merangkum
Bab dan disusun dalam suatu laporan yang di bentuk dalam buku kreatif
menggunakan bahan-bahan bekas atau hiasan daun/bunga kering sehingga memiliki
nilai seni yang tinggi
·
Menyajikan
laporan tertulis hasil pengamatan berbagai tumbuhan
·
Membuat
tulisan tentang peran tumbuhan dalam hal menjaga keseimbangan alam yaitu
berperan dalam siklus air, menjaga permukaan lahan,penyerapan karbondioksida
dan penghasilan oksigen bumi
·
Membuat
laporan upaya pemanfaatan yang tidak seimbang dengan pelestarian
·
Melakukan
diskusi problem solving dengan rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan
dengan berubahnya keanekaragaman tumbuhan di suatu ekosistem dan menganalisis
dampaknya dari sudut : lingkungan alam, ekonomi, masyarakat, dan kesejahteraan
masyarakat
C.
Penutup (5 menit)
·
Guru
memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
·
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup
pembelajaran
·
Refleksi /umpan balik
V. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber :
1.
Buku Biologi
kelas X, karangan Nunung Nurhayati, dkk Yrama Widya
2.
Ensiklopedia teks book atau buku reverensi ilmiah
Bahan :
1.
Bahan dari internet yang relevan
2.
Charta dunia tumbuhan
3.
Charta video ciri-ciri khusus dunia tumbuhan
Alat :
1. Laptop
2. Infokus
VI. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
·
Bentuk
Penilaian : Tugas individu,
Tugas Kelompok, Ulangan
·
Bentuk
Instrumen : Observasi,
Portofolio, Tes Tertulis (Essay & PG
)
Contoh Instrumen Tes tertulis
(Essay)
1.
Sebutkan 3 kelas dari Bryophyta!
2.
Apakah ada perbedaan antara lumut hati dan lumut
daun?
3.
Jelaskan reproduksi aseksual lumut!
4.
Buatlah skema daur hidup tumbuhan paku!
5.
Jelaskan manfaat tumbuhan paku bagi manusia?
Mengetahui Purwakarta, 20
Oktober 2013
Kepala
SMAN 1 Purwakarta, Guru Mata
Pelajaran Biologi,
Dr. Luthfi Zulkifli, S.Pd.
Sumi Zuariah, S.Pd
NIP. 19650222
199103 2001
NIP 19630420 198512 2002
What is the difference between baccarat and casino - WURRI - WORRIione
BalasHapusBaccarat 바카라 사이트 is the 샌즈카지노 best and most realistic table game, created by two experienced card game 카지노사이트 players. The game uses a very simple grid style. The player can choose between