RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Pamanukan
Kelas / Semester : X IPA / 2 ( Genap)
Mata Pelajaran : Biologi
Topik : Ekologi
Pertemuan Ke- : 1 (pertama)
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
respotensi dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalilis, pengetahuan
factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak teknik dengan pengembangan dari yang dipelajari nya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
3.9 Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang
berlangsung didalamnya
4.9 Mendesain
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk
media.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Mendeskripsikan
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem
2.
Menjelaskan
semua interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
3.
Menganalisis
bagan interaksi antar komponen ekosistem
4.
Menggambarkan
bagan jaring-jaring makanan
I. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai ekosistem siswa dapat mendeskripsikan
ciri-ciri ekosistem dari beberapa sumber yang siswa dapatkan.
2.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai semua interaksi yang berlangsung
dalam ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi-interaksi yang berlangsung
dalam ekosistem
3.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan tentang komponen ekosistem siswa dapat menganalisis
interaksi antar komponen ekosistem
4.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan tentang bagan-bagan jaring-jaring makanan, siswa dapat
menggambarkan bagan-bagan jaring-jaring makanan.
II. Materi
Ajar
Ekologi
·
Komponen ekosistem
·
Aliran
energi
·
Daur biogeokimia.
·
Interaksi dalam ekosistem
III. Metode pembelajaran :
·
Model :
Numbered Heads Together
·
Metode
:
Ceramah,
Diskusi,
Pengamatan, Demonstrasi
·
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Appoach
IV. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
A.
Pendahuluan
(10 menit)
·
Salam ,Doa , Sebagai
implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi, Motivasi, Penyajian prasarat
·
Guru
menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi.
B.
Kegiatan
Inti (30 menit)
Mengamati
· Mengamati
ekosistem dan komponen yang menyusunnya
· Mengamati
video terbentuknya hujan dari proses penguapan.
Menanya
· Ekosistem dan bagaimana hubungan antar komponen?
· Bagaimana
terjadi aliran energi di alam?
· Siklus
apa yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Melakukan
pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen
yang menyusun ekosistem.
· Menganalisi
hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan
biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan.
· Mendiskusikan
kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan
lingkungan.
· Mengamati adanya interaksi dalam
ekosistem dan aliran energi.
· Mendiskusikan daur biogeokimia
menggunakan baga/chaerta.
· Mendiskusikan ketidak seimbangan lingkungan dan
memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang.
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan data berbagai komponen ekosistem dan
mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada
·
Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan
antara komponen dan proses biogeokimia
·
Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidak
seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar
keseimbangan proses bisa berlangsung
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem, proses
biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energy.
C.
Penutup (5 menit)
·
Guru
memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
·
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup
pembelajaran
·
Refleksi /umpan balik
V.
Sumber/ Bahan / Alat
Sumber :
1.
Buku Biologi
kelas X, karangan Nunung Nurhayati, dkk Yrama Widya
2.
Ensiklopedia teks book atau buku reverensi ilmiah
Bahan :
1. Bahan
dari internet yang relevan
2. Peta
konsep ekologi
3. Vidio
Siklus hujan
Alat :
1. Laptop
2. Infokus
VI. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·
Bentuk Penilaian :
Tugas individu, Tugas Kelompok, Ulangan
·
Bentuk Instrumen :
Observasi, Portofolio, Tes Tertulis
(Essay & PG )
Contoh Instrumen Tes tertulis (Essay)
1. Jelaskan arti biogeokimia yang anda ketahui!
2. Apa yang terjadi jika unsur karbon, nitrogen, dan
fosfor tidak didaur ulang? Jelaskan!
3. Dalam siklus nitrogen, mikroba apa saja yang berperan
sebagai pengurai?
4. Apa yang terjadi jika proses pembakaran dan penguapan
tidak diimbangi dengan proses fotosintesis dikarenakan populasi tumbuhan
menyusut?
5. Terangkan fungsi senyawa fosfor bagi kehidupan
manusia!
Bandung, Oktober 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
………………… Putriani
Nur Sholihah
NPM.
105040007
ahahah syok berat
BalasHapus