RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Cikampek
Kelas / Semester :
X IPA / 1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran : Biologi
Topik :
Lingkungan
Pertemuan Ke- :
1 (pertama)
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, respotensi dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalilis, pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak teknik dengan
pengembangan dari yang dipelajari nya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar :
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
1.3
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi pengalaman ajaran agama yang di anutnya
2.1 Berperilaku
ilmiah : teliti, tekun,, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong,bekerjasama, cinta damai berpendapat secara ilmiahdan kritis, responsif
dan proaktif dalam setiap tindakan dan dala melakukan pengamatan dan percobaan
di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
2.2 Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar
3.10 Menganalisis data perubahan
lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan
4.10 Memecahkanmasa lah lingkungan
dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
·
Mendeskripsikan perubahan lingkungan
·
Menjelaskan dampak dari perubahan lingkungan bagi kehidupan
I. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai materi lingkungan diharapkan siswa mampu
mendeskripsikan perubahan lingkungan
2.
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai materi lingkungan diharapkan siswa
dapat menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
3.
Setelah siswa
berdiskusi mengenai dampak perubahan lingkungan diharapkan siswa mampu
menjelaskan dampak dari perubahan lingkungan bagi kehidupan manusia
4.
Setelah siswa
mempelajari perubahan lingkungan siswa dapat mengamalkan prilaku ramah
lingkungan
Karakter siswa yang di harapkan :
·
Berfikir kreatif, Jujur
·
Kritis dan logis
·
Bekerjasama
·
Bertanggung jawab
·
Peduli lingkungan
II. Materi ajar :
Keseimbangan lingkungan
§
Kerusakan
lingkungan/pencemaran lingkungan.
§
Pelestarian lingkungan
Limbah dan daur ulang.
§
Jenis-jenis limbah.
§
Proses daur ulang
III. Metode pembelajaran :
·
Model : Scramble
·
Metode
: Ceramah, Diskusi, Pengamatan, Demonstrasi
·
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Appoach
IV. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
Pertemuan 1
A. Pendahuluan (10
menit)
·
Salam ,Doa , Sebagai
implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi, Motivasi, Penyajian prasarat
·
Guru
menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi.
B. Kegiatan Inti
(30 menit)
Mengamati
·
Membaca
hasil studi dari berbagai
laporan media mengenai perusakan lingkungan, mendiskusikan secara
kelompok untuk menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan.
Menanya
·
Apa
yang dimaksud dengan ketidakseimbangan lingkungan dan apa saja penyebabnya?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Melakukan percobaan polusi air /udara untuk
menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya. Melalui kerja
kelompok.
·
Mengumpulkan
informasi sebagai bahan diskusi atau sebagai topic yang akan didiskusikan mengenai masalah perusakan lingkungan
·
Membuat
usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi
·
Studi
literature tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan
perubahan lingkungan
·
Mendiskusikan
tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa
penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.
·
Membuat
daur ulang limbah
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan
hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literature tentang
dampak kerusakan lingkungan penyebab, pencegahan serta penanggulangannya.
Mengkomunikasikan
·
Usulan
/ himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus
dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah,
sekolah, dan area pergaulan siswa
·
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
·
Presentasi
secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah
C.
Penutup (5 menit)
·
Guru
memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
·
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup
pembelajaran
·
Refleksi /umpan balik
V. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber :
1.
Buku Biologi
kelas X, karangan Nunung Nurhayati, dkk Yrama Widya
2.
Ensiklopedia teks book atau buku reverensi ilmiah
Bahan :
1.
Bahan dari internet yang relevan
2.
Foto
perubahan lingkungan
3.
Charta
lingkungan alami dan lingkungan yang rusak
Alat :
1. Laptop
2. Infokus
VI. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
·
Bentuk
Penilaian : Tugas individu,
Tugas Kelompok, Ulangan
·
Bentuk
Instrumen : Observasi,
Portofolio, Tes Tertulis (Essay & PG
)
Contoh Instrumen Tes tertulis
(Essay)
1. Apa
yang dimaksud dengan lingkungan?
2. Apa
yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? Jelaskan!
3. Sebutkan
macam-macam pencemaran lingkungan berdasarkan tempatnya?
4. Jelaskan
satu contoh dampak perubahan lingkungan akibat aktivitas manusia?
5. Berdasarkan
komponen penyusunannya, limbah dibagi menjadi berapa kelompok? Jelaskan
masing-masing kelompok tersebut!
Contoh
Instrumen Pilihan Ganda (PG)
1. Polusi
udara terutama disebabkan oleh senyawa seperti oksida karbon, oksida nitrogen,
oksida belerang, dan sebagainya. Satu persoalan yang berkaitan dengan polusi
udara adalah hujan asam, yaitu air hujan yang mempunyai pH rendah karena
terbentuknya asam karbonat. Polutan yang menyebabkan hujan asam yaitu..
a. NO
b. CO2
c. Hidrogen
d. SO
e. Debu
2. Membakar
sampah merupakan perlakuan yang tidak baik karena...
a. Mineral-mineral
tidak kembali ketanah
b. Kadar
CO2 diudara bertambah
c. Kadar
N2 diudara tidak bertambah
d. Kelembaban
udara berkurang
e. Kadar
O2 diudara berkurang
3. Aktivitas
manusia yang dapat menimbulkan gangguan
keseimbangan lingkungan adalah..
a. Ladang
berpindah dan pertanian monokultur
b. Pertanian
organik dan hidroponik
c. Kultur
jaringan dan radiasi induksi
d. Rotasi
tanaman dan pembakaran hutan
e. Menjaring
ikan dengan sistem pukat harimau
4. Jika
terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar dalam beberapa tahun
kadar bahan itu yang paling tinggi akan didapatkan pada...
a. Air
setempat
b. Tumbuhan
air
c. Tubuh
serangga air
d. Tubuh
hewan-hewan karnivora
e. Tubuh
hewan-hewan herbivora
5. Usaha-usaha
yang dibawah ini dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan, kecuali...
a. Memindahkan
lapangan terbang jauh dari pemukiman
b. Menggunakan
knalpot untuk kendaraan bermotor
c. Penghijauan
dikota-kota
d. Membuat
irigasi
e. Membuat
sampah dari kompos
Soal diskusi
Susunlah
huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari
pertanyaan kolom A.
A
1. Menggunakan kembali limbah..
2. Akibat dari penggunan pestisida yang secara
berlebihan, dan dari limbah pabrik pabrik yang dibuang begitu saja..
3. Pencemaran yang disebabkan oleh mikroorganisme,
seperti E. Coli dan Salmonella thyposa..
4. Pengurangan penggunaan barang yang penyebab
limbah
5. Daur ulamg limbah
|
B
A.
nikagro
B.
reduce
C.
euser
D.
ira naramecpen
E.
clecyre
F.
logiobi naramecpen
|
Mengetahui Karawang
,
Oktober 2013
Kepala
SMAN Cikampek, Guru Mata
Pelajaran Biologi,
Drs. Hendarsyah Arif
Diana Handini, S.Pd
NIP.
19650222
190403 1989 NIP 105040019
Soal diskusi
Susunlah
huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari
pertanyaan kolom A.
A
1. Menggunakan kembali limbah..
2. Akibat dari penggunan pestisida yang secara
berlebihan, dan dari limbah pabrik pabrik yang dibuang begitu saja..
3. Pencemaran yang disebabkan oleh mikroorganisme,
seperti E. Coli dan Salmonella thyposa..
4. Pengurangan penggunaan barang yang penyebab
limbah
5. Daur ulamg limbah
|
B
a.
nikagro
b.
reduce
c.
euser
d.
ira naramecpen
e.
clecyre
f.
logiobi naramecpen
|
Play free slot machine games online - Lucky Club Live
BalasHapusPlay free slot machine games online for fun or for real money at the best online casinos. 카지노사이트luckclub Lucky Club Live. Play & win real money.Play Free Slot · Free Spins · Casino Slots